skip to Main Content

Bagaimana Mengelola Perubahan Saat Pendemi COVID-19

alfiyan darojat

Staff Tata Usaha

Saat pandemic covid19 ini kita tidak sendiri menghadapinya. Rencana pengembangan bisnis expansion mode tiba-tiba berubah menjadi survival mode. Sebagai pilot dari bisnis kita sendiri, akhirnya terpaksa untuk melakukan manuver agar pesawat tetap bisa terbang walaupun ditengan badai.  Ada pilot yang memutuskan untuk terbang rendah agar tetap stabil sehingga penumpang merasa aman, ada pula pilot yang bermanuver ekstrim menghindari dari badai supaya tidak terjatuh bahkan ada pilot yang memutuskan untuk mendarat dan tidak melanjutkan penerbangan.

Gambaran di atas adalah bukti bahwa perubahan pasti terjadi, baik perubahan yang sudah diprediksi untuk dihadapi atau perubahan yang sama sekali tidak diketahui akan terjadi. Seperti pandemic Covid19, adalah salah satu perubahan yang mungkin bisa dikategorikan perubahan yang belum tentu semua bisnis bisa menghadapinya termasuk industri alas kaki.

Perubahan sebagai rumus pasti setiap pengusaha. Termasuk bagaimana setiap manusia harus tetap bertahan hidup. Pandemi covid19 adalah bagian dari perubahan, termasuk bagaimana pandemi ini merubah situasi bisnis di industri alas kaki. Berbagai manuver dilakukan industri mulai dari skala besar hingga kecil untuk tetap eksis hingga perubahan yang lain datang.

Survival mode yang sedang berjalan saat ini di setiap industri alas kaki menunjukkan bahwa kegigihan untuk tetap eksis harus tetap diperjuangkan dengan berbagai alasan. Namun ada beberapa yang perlu diperhatikan saat kita mengelola perubahan seperti saat ini antara lain;

Pertama, tetaplah berkreasi, karena kreatifitas dan ide adalah satu-satunya amunisi layaknya pilot pesawat tempur dibekali peluru untuk membombardir musuh. Perubahan pasti meninggalkan hikmah dan dalam situasi pandemi seperti saat ini, kita semua adalah pahlawan ekonomi.  Dengan tetap mempertahankan produksi agar kaaryawan tetap bekerja adalah misi utama pengusaha sebagaimana misi pilot temput mengamankan daerahnya. Dengan karyawan yang tetap bekerja untuk bisnis anda maka pastikan keamanan dan kesehatan mereka terjamin dengan baik. Jika dimungkinkan sebaiknya memindahkan sebagian proses produksi di rumah (work form home). Perubahan memaksa anda untuk kreatif, pasti ada jalana keluar.

Kedua, sehat adalah kewajiban namun bisnis harus tetap berjalan. Menjaga kesehatan saat situasi pandemic covid19 ini adalah prioritas sekaligus penting. Menjaga kesehatan lingkungan dan karyawan menjadi kewajiban utama, Cobalah mengatur kembali pola distribusi pekerjaan ke karyawan, Jika diperlukan, bergantian masuk kerja akan lebih baik dan tetap menjaga produksi tetap berjalan dengan membatasi ruang gerak karyawan agar tidak berisiko. Lakukan langkah pencegahan seperti SOP kebersihan dan pemantauan kesehatan.

Ketiga, klasifikasikan pekerjaan, mengklasifikasikan pekerjaan sangat membantu karyawan tetap aman dengan membatasi kontak fisik yang berlebihan. Manajemen produksi bisa dibuat dengan pola delivery ke setiap personil yang sudah dibagi tugasnya dirumah masing-masing. Gunakan teknologi video call untuk memantau kualitas produk dan menjaga komunikasi.

Keempat, menjaga bahan material atau produk tetap aman. Bahan material impor saat ini mungkin menjadi kendala. Namun tetap ada baiknya jika memastikan kembali kebutuhan bahan tetap bisa terpenuhi walaupun terlambat karena covid19. Jaga keamanan barang yang datang dengan melakukan sterilisasi dari risiko virus. Perlu dipikirkan juga alternative pengganti sumber material lokal selain impor. Komunikasikan ke pelanggan jika harus mengganti bahan karena akan berpengaruh pada harga.

Kelima, perkuat dan fokus pada platform online. Jika bisnis anda menggunakan media onlie, jangan lupa lakukan kampanye/ promosi positif tentang produk sekaligus menunjukkan perbedaan/ value lebih kepada pelanggan, termasuk memberikan layanan lebih selama pandemi berlangsung. Bagikan katalog seri terbaru via media sosial dan buat penawaran baru agar brand awareness tetap terjaga.

Keenam, berdonasilah dan saling membantu. Melakukan donasi tidak harus berupa materi, namun komitmen bisnis anda juga bisa menunjukkan bahwa meskipun sedangn dalam survival mode, Anda masih tetap bisa berbagi dengan sesama.

Ingat kita adalah pahlawan bagi diri kita sendiri, Selamat mencoba!.

(function(d, s, id) {
if(d.getElementById(‘fb-root’)) return;
var fbRoot = d.createElement(‘div’);
fbRoot.id = ‘fb-root’;
document.getElementsByTagName(‘body’)[0].appendChild(fbRoot);
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.12”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

This Post Has 0 Comments

Tinggalkan Balasan

id_IDID