skip to Main Content

Workshop Shoe Making & Live Demo Shoe Coloring dalam Event Kolaborasi

Alifta Kartiko
BPIPI Design Team
Dec 2017 · 8 min read

BPIPI x Captivate : Event Kolaborasi untuk belajar tentang Persepatuan

.  .  .

 

Baru-baru ini BPIPI berkolaborasi dengan salah satu event di Surabaya. Event yang berjudul Captivate ini merupakan event yang dihelat oleh anak-anak muda di Surabaya dengan 4 tujuan utama, yakni : Mengenalkan perkembangan industri kreatif ke masyarakat saat ini dengan penikmat musik dan seni, Sebagai wadah kreatifitas untuk menyalurkan minat dan bakat masyarakat khususnya di Surabaya, Fasilitator kawula muda untuk menunjukkan kemampuan diri, dan sebagai wadah untuk kembali pada era 90’an.

Acara ini digelar hanya satu hari pada 10 Desember 2017 lalu di Surabaya Town Square. Beragam komunitas, market, workshop, dan talkshow berkolaborasi dalam event ini. Untuk merangkul generasi muda tidak ketinggalan BPIPI turut terlibat dalam beberapa kegiatan yang berkaitan dengan industri alas kaki.

1. Live Demo : Shoe Coloring

Salah satu prototype pengembangan desain BPIPI yang sedang dikerjakan oleh Tim Desain adalah Shoe Coloring atau pengecatan sepatu dengan teknik-teknik khusus. Beberapa brand internasional telah menunjukkan karya-karya terbarunya dengan teknik pengecatan ini, untuk itu BPIPI ingin berbagi pengetahuan tentang pengembangan teknik pengecatan pada sepatu dengan masyarakat luas. Diwakili oleh 2 instruktur BPIPI yaitu Mr. Cosmas dan Mr. Syamsul, BPIPI menunjukkan beberapa teknik pengecatan sepatu. Pada dasarnya pengecatan dapat dilakukan dengan dibantu alat spray atau manual menggunakan kuas, hasilnya pun tentu akan berbeda. Pengecatan manual memerlukan teknik-teknik khusus dengan dibantu alat-alat tertentu untuk dapat menghasilkan efek pewarnaan yang beragam.

2. Workshop : Basic Shoe Making

Selain Live Demo Shoe Coloring, BPIPI juga membuka kelas workshop Basic Shoe Making di hari yang sama pada jam 1 siang. Pada workshop dasar ini materi yang diberikan kepada peserta adalah membuat sepatu moccasin dengan mengenalkan pola dasar, jahit mesin, jahit upper manual, hingga perakitan pemasangan sol. Materi ini dibuat oleh Mr. Eko yang merupakan instruktur dari Tim Diklat yang kemudian dilengkapi oleh Mr. Sugeng dari Tim Desain yang bertugas menjadi pengajar pada workshop tersebut.

Walaupun tingkat dasar workshop ini pun tetap menantang untuk diikuti karena pembuatan sepatu memerlukan pengetahuan dan praktek. Pada workshop dengan durasi 4,5 – 5 jam ini peserta dibatasi untuk 5 – 10 orang peserta saja. Workshop diawali dari pengenalan tentang tahap-tahapan membuat sepatu secara umum hingga pada materi Basic Shoe Making, para peserta juga dapat langsung berkonsultasi dengan instruktur untuk mengetahui lebih jelas tentang persepatuan.

3. Workshop : Design & Pattern Making

Melengkapi workshop Basic Shoe Making BPIPI juga membuka kelas workshop Design & Pattern Making. Kelas dimulai pada pukul 3 sore dan materi disampaikan oleh Mr. Eko, materi diawali dari tips-tips membuat desain yang kemudian menerapkan desain ke dalam pola. Desain dan pola adalah tahap awal sebelum proses pembuatan sepatu, pengetahuan tentang kedua hal ini sangat penting jika ingin mendalami dunia persepatuan.

Tim BPIPI menyiapkan tools kit lengkap untuk masing-masing peserta agar dapat langsung mempraktekkan materi yang diajarkan oleh Mr. Eko. Karena waktu yang terbatas materi yang disampaikan pun menjadi terbatas, namun bagi teman-teman yang ingin belajar lebih lengkap jangan khawatir karena teman-teman dapat datang ke BPIPI. Beragam pilihan pelatihan di BPIPI dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari peserta.

4. IFCC 2018 Pop Up Booth

Persiapan menuju kompetisi Nasional yang diselenggarakan BPIPI, Indonesia Footwear Creative Competition mulai di sosialisasikan. Melalui Pop Up Booth dari event ke event diharapkan dapat menjadi media promosi dan sosialisasi lebih awal ke masyarakat luas khususnya mahasiswa.

.  .  .

(function(d, s, id) {
if(d.getElementById(‘fb-root’)) return;
var fbRoot = d.createElement(‘div’);
fbRoot.id = ‘fb-root’;
document.getElementsByTagName(‘body’)[0].appendChild(fbRoot);
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.8”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

This Post Has 0 Comments

Tinggalkan Balasan

id_IDID