skip to Main Content

HYPEBEAST NATION BPIPI X Pakuwon Mall

Transformasi digital dan inovasi menjadi penting saat pendemi. Bergesernya perilaku industri dan konsumen memberikan dampak perubahan yang signifikan pada perubahan industri khususnya alas kaki. Agenda percepatan digital, transformasi bisnis dan fenomena-fenomena yang muncul saat pandemi memberikan peluang dan tantangan baru dalam industri alas kaki salah satunya adalah semangat kolaborasi.

Perubahan dan fenomena pandemi mendorong industri khususnya sektor alas kaki melakukan beberapa penyesuaian antara lain membangun platform digital bersama. Pesatnya perkembangam platform digital didorong oleh perubahan perilaku pasar atau konsumen yang cenderung low mobility, less crowd dan low touch.

Industri alas kaki khususnya IKM termasuk sektor dengan mobilitas (high mobility) dan kontak fisik yang tinggi (high touch). Saat pandemi IKM alas kaki harus mengurangi mobilitas manufakturnya agar risiko pandemi bisa di kendalikan, dan produksi tetap berjalan. Interaksi dengan konsumen selama pendemi berubah drastis. IKM alas kaki dituntut mengembangkan fitur alternatif bagi konsumen untuk melakukan interaksi melalui platform digital yang tersedia.

Salah satu fenomema penting yang saat ini semakin menguat adalah semangat kolaborasi. Terganggunya supply chain secara global pada tahun pertama pandemi berdampak pada tumbuhnya ekosistem rantai nilai industri lokal, sehingga ketergantungan bahan impor dapat dikurangi dengan saling memberikan dukungan sesama pelaku industri untuk tetap melakukan produksi.

Lahirnya optimisme saat pandemi dan munculnya semangat lokalisme di komunitas merk-merk lokal memberikan harapan baru bangkitnya industri alas kaki nasional. Optimisme dan semangat tersebut BPIPI hadirkan dalam rangkaian gerakan #IndonesiaMelangkah sebagai wujud Komitmen Kecintaan dan Kebersamaan dalam mendukung karya anak bangsa.

Kinerja industri alas kaki tahun 2021 di masa pendemi  patut di apresiasi karena masih mampu bertahan. Pertumbuhan industri alas kaki semester 1 tahun 2021 mengalami kenaikan sebesar 2,4% dibandingkan periode yang sama tahun 2020 yang masih minus di angka 4,5%. Kontribusi industri alas kaki kepada PDB di semester 1 tahun 2021 juga menunjukkan angka positif di angka Rp. 13,8 triliun dibandingkan periode yang sama tahun 2020 sebesar Rp. 13,5 triliun.

BPIPI hadir bersama Pakuwon Mall Surabaya berkolaborasi bersama dalam pameran dengan tema HYPEBEAST NATION yang menampilan produk-produk kebanggaan Indonesia. Berbagai kegiatan yang menarik dari Street Fashion Performance, Demo dan Talk show, Makers Talk hingga Workshop bakal memberikan banyak inspirasi bagi masyarakat agar semangat lokalisme tetap menjaga kualitas produk keberlanjutan bisnis.

HYPEBEAST NATION 2021 – BPIPI X Pakuwon Mall Surabaya merupakan kolaborasi kedua yang menampilkan pelaku-pelaku kreatif industri alas kaki. Dengan semangat #IndonesiaMelangkah, HYPEBEAST NATION 2021 diharapkan menjadi salah satu wadah pembuktian merk-merk lokal alas kaki menunjukkan eksistensinya saat pandemi sekaligus menampilan ide, inspirasi dan menyebarkan semangat kebersamaan dan kecintaan pelaku industri dan kreatif alas kaki di Indonesia untuk bersama-sama berkolaborasi menghadapi krisis sat pandemi. Dengan melibatkan pelaku industri dan merk-merk alas kaki lokal,  semangat #IndonesiaMelangkah ini menjadi gerakan bersama industri alas kaki nasional untuk bahu membahu dengan masyarakat untuk semakin mencintai, membeli dan menggunakan produk lokal kebanggaan anak negeri.

Semangat #IndonesiaMelangkah adalah wujud komitmen, bentuk kecintaan dan kebersamaan yang sekaligus menjadi tema pada HYPEBEAST NATION 2021. Komitmen para pelaku industri alas kaki untuk tetap bertahan dan menjaga perputaran ekonomi tetap bergerak. Kecintaan para pelaku industri alas kaki mengekspresikan dan mendedikasikan hidup dan waktunya untuk mencintai profesinya. Dan kebersama menghadapai pandemi dengan saling memberikan dukungan semangat dan menguatkan menghadapi krisis

 

Melalui kegiatan HYPEBEAST NATION 2021, peran BPIPI sangat penting dalam memberikan fasilitas bantuan informasi pasar, promosi dan pemasaran kepada industri alas kaki nasional. Melalui program tersebut IKM alas kaki mampu memperluas akses pemasaran dengan meningkatkan kualitas produksi yang lebih baik (scale out) dan kemampuan bisnis yang lebih besar dan kuat (scale up) sehingga lebih banyak lagi IKM alas kaki mampu naik kelas.

HYPEBEAST NATION 2021 didukung oleh beberapa mitra penting BPIPI, salah satunya adalah tenant program Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) alas kaki tahun 2021 yaitu,  @stewardmargrave, @panna.footwear, @artalouwee dan @dfflfootwear dan beberapa merk lokal lainnya. Digelar selama 10 hari, HYPEBEAST NATION akan di isi berbagai acara yang inspiratif antara lain workshop, kolaborasi, talkshow, street fashion performance hingga makerstalk. 

Kedepan peluang pasar domestik masih terbuka luas. Dengan jumlah industri alas kaki lebih dari 18.657 unit usaha (termasuk industri kecil, menengah dan besar) dan serapan tenaga kerja 247.843 jiwa, maka peluang menaikkan nilai tambah industri melalui program informasi pasar, promosi dan pemasaran diharapkan dapat meningkatkan kemampuan produksi berorientasi ekspor sekaligus menaikkan konsumsi dalam negeri. Terima kasih

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.