Masih membahas tentang bagaimana strategi scale up bisnis di era disrupsi menjadi tantangan bagi IKM…
BPIPI BERKOMITMEN UNTUK BERPRESTASI
ALFIYAN DAROJAT
Staff Tata Usaha
Kampanye yang terus didengungkan adalah #BPIPIBerprestasi sebagai sebuah semangat untuk memelihara komitmen agenda reformasi birokrasi dan pembangunan zona integritas. Dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana yang diamanahkan Inpres Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi dan Inpres Nomor 17 Tahun 2011 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi perlu dibangun program pencegahan korupsi yang lebih efisien, efektif dan komprehensif, melalui pembangunan Zona Integritas bagi satuan kerja layanan publik menuju terwujudnya Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM di lingkungan adalah bentuk komitmen pencegahan dan pemberantasan korupsi dan sebagai bagian dari pencapaian reformasi birokrasi dan pelayanan publik.
Saat ini BPIPI kembali mencanangkan program Reformasi Birokrasi untuk mewujudkan harapan masyarakat dan para pemangku kepentingan menjadi BPIPI yang lebih dipercaya, yang memberikan pelayanan prima, zero complain dan menjadikan BPIPI unggul dan professional. Dengan motto SALAM SEPATU Semangat – Cepat – Jitu BPIPI bercita-cita menjadi organisasi layanan publik dengan inovasi yang berkelanjutan, administrasi dan birokrasi yang sederhana, operasional dan pelayanan yang cepat, tepat, akuntabel, informatif, akurat, terpercaya dan mudah diakses. Hal ini semata-mata mewujudkan percepatan program reformasi birokrasi nasional untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (good & clean governance).
Sejak tahun 2018 sampai dengan tahun 2020 BPIPI mencanangkan zona integritas sebagai program yang melekat disetiap pelaksanaan kegiatan organisiasi. BPIPI terus melakukan perbaikan dengan melaksanakan program Reformasi Birokrasi pada periode 2020-2024 dengan beberapa area perubahan antara lain bidang budaya, kelembagaan, tata laksana, SDM Aparatur, Pengawasan, Akuntabilitas, Pelayanan Publik dan Mind Set Aparatur dalam mewujudkan aparatur BPIPI yang bersih dan berintegritas dalam memberikan pelayanan yang dan meningkatan kapasitas dan akuntabilitas kinerja.
Keberlangsungan implementasi Reformasi Birokrasi BPIPI memiliki peran vital dalam mewujudkan BPIPI yang profesional dan berintegritas sesuai harapan masyarakat dan hasil-hasil yang telah dicapai dari pelaksanaan Reformasi Birokrasi sebelumnya menjadi dasar pelaksanaan dan evaluasi program Reformasi Birokrasi Tahun 2020-2024 yang dituangkan dalam Cetak Biru (Road Map) Reformasi Birokrasi. Oleh Karena itu pelaksanaan Reformasi Birokrasi di BPIPI merupakan penguatan dari pelaksanaan Reformasi Birokrasi sebelumnya.
Hingga tahun 2021, BPIPI telah melaksanakan beberapa agenda reformasi birokrasi penting. Dengan pencapaian sebagai satuan kerja layanan publik berpredikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi), BPIPI merasa penting untuk terus konsisten dan berkomitmen mewujudkan WBBM (Wilayah Bersih Bebas Melayani) sebagai wujud pelaksanaan amanah reformasi birokrasi. Tahun 2021 BPIPI telah bertranformasi sesuai arahan Grand Plan Reformasi Birokrasi sebagai performance based bureaucracy dengan 4 (empat) ciri utama yakni:
- Sebagai unit layanan publik yang efektif, efisien dan ekonomis
- Sebagai unit layanan publik yang fokus pada upaya mewujudkan hasil (outcome)
- Sebagai unit layanan publik yang fokus menerapkan manajemen kinerja yang didukung oleh penerapan sistem layanan berbasis elektronik.
- Sebagai unit layanan publik dimana setiap personelnya mempunyai kontribusi yang jelas dan terukur pada kinerja organisasi.
Berdasarkan kondisi kekinian dan data di atas, akan menjadi pertimbangan penting bagi BPIPI bagaimana terus melakukan inovasi layanan untuk industri alas kaki nasional. Terjadinya perubahan dinamika industri makro dan mikro akan sangat berpengaruh bagaimana strategi BPIPI memberikan layanan publik tetap dalam kinerja terbaiknya. BPIPI telah mencanangkan program Reformasi Birokrasi guna mewujudkan harapan masyarakat menjadi organisasi yang dipercaya, memberikan pelayanan paripurna, minimal zero complain, menjadikan BPIPI unggul, berdaya saing global dan profesional dalam bidang Sumber Daya Manusia, administrasi, operasional dan pelayanan yang cepat, tepat, akurat, transparan, akuntabel, informatif dan mudah diakses. Hal ini seiring dengan program Reformasi Birokrasi Nasional dalam mewujudkan good governance dan clean government.
Salam Sepatu
Semangat - Cepat - Jitu