Temukan berbagai pengetahuan tentang sepatu dari pola, grading, konstruksi teknis, hingga fakta dan info-info tentang perkembangan riset dalam dunia persepatuan.

Infographic

Ornamentation

Dalam proses produksi alas kaki, khususnya pada produk yg didominasi proses manual atau handmade pastinya tidak lepas dari sentuhan craftmanship. Kelebihan dari produk dengan nilai craftmanship biasanya "Attention to Detail" salah satunya seperti pada sepatu kulit yang disebut ornament.

Tanning

Penyamakan kulit merupakan cara untuk mengubah kulit mentah yang bersifat mudah rusak oleh pengaruh fisik, kimia, dan biologi menjadi kulit yang stabil terhadap pengaruh tersebut. Kulit mentah mudah membusuk dalam keadaan kering, keras, dan kaku. Sedangkan kulit tersamak memiliki sifat yang awet dan mudah dibentuk menjadi segala jenis produk.

Shoe Horn

Kadang saat menggunakan sepatu kita menemui kendala untuk memasukkan kaki pada bagian tumit, hal ini juga bisa merusak bentuk bagian back counter sepatu. Nah untuk mempermudah memasukkan kaki ada alat yang disebut Shoe Horn atau Sendok Sepatu.

Screwed Shoe tree

Biasanya dalam membeli sepatu yang dijadikan penentu ukuran adalah panjang kaki. Rata-rata brand sepatu akan menyarankan naik ukuran untuk jenis kaki lebar, tapi bisa ngga sih melebarkan sepatu yang kesempitan ? Jawabannya bisa ! Ada nih alatnya namanya Screwed Shoe Tree. Alat ini dapat diatur untuk dapat melebar, selain itu penggunaannya juga berfungsi untuk menjaga bentuk sepatu.

Brannock

Perangkat Brannock merupakan alat ukur yang ditemukan oleh Charles F. Brannock untuk mengukur ukuran sepatu seseorang. Brannock putra dari seorang pengusaha industri sepatu yang berkuliah di Syracuse University, New York, tempat ia menjadi anggota persaudaraan Delta Kappa Epsilon. Brannock menghabiskan dua tahun untuk mengembangkan cara sederhana dalam mengukur panjang, lebar, dan panjang lengkung kaki manusia. Dia akhirnya memperbaiki RITZ Stick kayu, standar industri saat itu, mematenkan prototipe pertamanya pada tahun 1925 dan versi yang ditingkatkan pada tahun 1927.

Sumber : www.brannock.com

Shoe Tree

Salah satu bentuk perawatan sepatu yang wajib dimiliki adalah shoe tree. Berfungsi untuk menjaga bentuk sepatu dan meminimalisir kerutan (crease) di bagian punggung sepatu, shoe tree dijual dalam berbagai bentuk, dengan material kayu atau plastik.

Shoe tree yang bagus biasanya terbuat dari kayu. Banyak yang mengagungkan kayu cedar. Namun selain karena wanginya yang bisa mengatasi bau kaki, cedar tidak memiliki fungsi yang melebihi kayu lainnya. Di Eropa shoe tree kebanyakan terbuat dari kayu beech, sedangkan di Amerika terbuat dari cedar. Kayu memiliki kemampuan menyerap kelembaban di sepatu yang baru Anda pakai.

Sumber :
pakaiapahariesok.blogspot.com oleh Takamoru Yoshida

Malformasi Kaki

Kaki merupakan penopang tubuh kita yang tanpa disadari ukuran dan bentuknya menyesuaikan dengan proporsi dan aktifitas tubuh kita. Semakin tinggi tubuh kita, biasanya semakin panjang pula ukuran kakinya. Orang yang sering berjalan tanpa alas kaki pun juga akan mempengaruhi bentuk kaki menjadi semakin lebar.

Untuk kondisi yang tidak normal pada bentuk kaki biasanya disebut juga malformasi kaki, maka diperlukan treatment khusus untuk jenis kaki-kaki tersebut. Salah satu penanganannya dapat dengan menggunakan alas kaki (insole yang tepat sesuai dengan cetakan kaki).

Heels

Dalam sejarahnya sepatu berhak tinggi ini pada mulanya digunakan sebagai alas kaki untuk berkuda selama beberapa abad di seluruh wilayah timur, ketika para tentara berdiri di pijakan kaki, hak tinggi membantunya untuk tetap berada dalam posisinya sehingga ia dapat menembakkan anak panah dengan efektif. Sekitar tahun 1599 penggunaan hak pada alas kaki menjadi penanda status sosial di Eropa Barat.

Tabel Ukuran

Setiap penduduk di suatu negara memiliki postur tubuh yang khas atau berbeda. Sebenarnya rata-rata manusia memiliki bentuk dan ukuran kaki yang berbeda, namun distandartkan melalui sistem pengukuran yang diatur secara Internasional. Menurut Bata (1977)*, ukuran acuan sepatu umumnya berdasarkan sistem ukuran dari Eropa (Inggris dan Perancis) dan Amerika, sehingga standar ukuran sepatu yang digunakan di Indonesia menyesuaikan diri dengan standar ukuran dan keenakan pakai (fitting) orang-orang Eropa atau Amerika.

Pada tabel ukuran berikut diperlihatkan konversi EU - UK - US antar sistem pengukuran kaki Internasional untuk pria. *Bata. (1977). Footwear Design and Manufacture, Bata Shoe Company Private Limited, Main Factory Batanagar, India.

Heels Types

Heel atau Hak adalah bagian pada sepatu yang merupakan penopang pada bagian tumit. Pada dasarnya heel dibagi menjadi 3 jenis yaitu Wedge Heel, Cuban Heel dan Louis Heel. Dalam perkembangannya Jenis-jenis Heel  dapat dikategorikan menjadi 12 jenis, yaitu Flat heel, Pinafore Heel, Wedge Heel, Secret Heel, Common Sense Heel, Spanish Heel, Military Heel Cuban Heel, Set Back Heel, Ditch Heel, Comma Heel dan Louis/Flared Heel.

Shoelast Anatomy

Shoe Last atau acuan sepatu merupakan bagian penting yang berfungsi sebagai copian bentuk kaki. Shoelast dibagi menjadi tiga bagian yaitu bagian depan (Frontpart), bagian badan yang mengerucut (Cone) dan bagian belakang (Backpart). Pada bagian depan terdapat Toe spring, Toe (Ujung) Vamp Point (Titik Vamp). Pada bagian Cone terdapat titik pinggang acuan, dan engsel (Hinge). Pada bagian Belakang terdapat bagian Thimble (Lobang), Topline Point (Ujung atas) bagin counter dan heel Curve. 

Type of Shoelasts

Shoelast secara garis besar dibagi menjadi 5 jenis. Acuan Utuh (Solid last) merupakan acuan dengan bagian utuh. Biasa digunakan untuk alas kaki jenis sandal, atau sepatu wanita terbuka (Pump). Acuan Sorong (Scoop Black Last) adalah acuan yang terdiri dari dua bagian yang dihubungkan dengan engsel pada bagian gemuk untuk memudahkan proses melepas acuan. C - Cut (telescopic last) merupakan acuan yang dipasangkan peer pada bagian gemuknya sehingga dapat digeser keatas atau kebawah. Three Piece Last merupakan acuan yang terdiri dari tiga bagian yang dapat dipisahkan. 

Templates

Shoelast template merupakan acuan dasar yang dapat digunakan untuk sketsa dasar tampak 3/4 bagian atau prespektif. Jenis acuan yang digunakan adalah acuan utuh.

Foot Measurements

Foot measurement dalam infografis diatas dipaparkan beberapa 10 titik yang penting dalam pengukuran sepatu diantaranya adalah : | 1. Instep Circumferance / Lingkar atas /punggung Kaki | 2. Ball Girth / Gemur lingkar depan | 3. Sphyrion Fibulare Height /Tinggi Mata Kaki | 4. Instep Height (Tinggi Punggung Kaki) | 5. Ball Height (Tinggi Lingkar Depan) | 6. Instep Lenght (Panjang Instep Kaki) | 7. Fibulare Instep Lenght (Panjang Fibular Instep) | 8. Foot Leght (Panjang Kaki) | 9. Toe Angle (Sudut Jari Kaki Kelima) | 10. Toe Angle (Sudut Jari kaki Pertama)

Foot Overview

Foot Overview di atas adalah beberapa jenis bentuk ujung jari kaki diantaranya adalah : Egyptian, Roman, Greek, Germanic, Celtic dan Asian. Sedangkan untuk jenis lengkungan pada kaki adalah - Flat Foot | Normal  dan High Arch.